Patung samsi

Patung samsi dibuat dari batu alam paras putih, paras jogja, untuk warna juga bisa dibuat warna krem.
arti dan makna patung samsi :

 Patung samsi / kilin Patung samsi / kilin
Patung samsi / kilinPatung samsi / kilin Patung samsi / kilin Patung samsi / kilin

Kie Lin (Hokkian), Chi Lin (Mandarin) dikatakan orang Barat sebagai unicorn-nya mitologi Chinese. Kie Lin adalah salah satu dari binatang lambang mitologi China selain naga dan phoenix. Dalam analisa Fengshui (Hongsui), dikenal empat hewan legenda yaitu long [liong] di timur, hu [hou] (macan) di barat, feng [hong] (phoenix) di selatan, dan gui [kui] (kura2) di utara. Dalam ilmu silat ada empat hewan yang sering dimainkan tariannya, yaitu: long [liong] (naga), qilin [kilin], shi [sai] (Singa), dan chanchu [siamsi] (samsi). Sekarang orang tidak membedakan sai dengan samsi, dalam bahasa Mandarin semuanya disebut Shizi (singa). Hal ini disebabkan orang Tiongkok Utara (yang berbahasa Mandarin) hanya mengenal shi, sedangkan siamsi hanya dimainkan oleh orang Tiongkok Selatan. Di Jawa Tengah orang masih membedakan siamsi (di sana disebut samsi) dengan sai. Sedangkan di tempat lain di Indonesia umumnya orang tidak membedakan samsi dengan singa, semuanya disebut barongsai, suatu kata gabungan yang berasal kata Barong (dari bhs. Bali) dan sai yang berarti singa.
Dalam legenda Tiongkok dikenal ada binatang yang menjadi tunggangan para dewa. Binatang yang mendapat kepercayaan untuk mengantar para dewa ke mana pun mereka pergi itu bernama Kie Lin. Kie Lin ini merupakan binatang yang mewakili 18 binatang yang ada di dunia.

Kilin sering juga disebut longma. Longma muncul di hadapan Kaisar FuXi yang memberikan ide tentang susunan angka yang disebut Hetu (gambar sungai). Kemudian dikatakan Kilin muncul juga pada jaman raja Yao dan Shun. Pemunculan Kilin juga terjadi ketika ibunda Khonghucu akan mengandung, serta saat menjelang akhir hidup Khonghucu. Semua tokoh di atas adalah tokoh penting dalam agama Rujiao, karena itu kedudukan Kilin sangat tinggi dalam agama Rujiao.

Didepan pintu masuk kelenteng biasanya dipasang sepasang patung singa, singa betina dengan anaknya dipasang di bagian kiri, singa jantan yang menginjak bola dipasang di bagian kanan pintu masuk. Berikut saya kutip tulisan tentang kilin dari buku Mengenal Hari Raya Konfusiani.
Kilien adalah hewan yang paling agung dari segala hewan berbulu, yang jantan disebut Ki, sedangkan yang betina disebut Lin. Karena manusia tidak dapat membedakan antara yang jantan dan betina, maka disebut Kilien. Kilien baru mau menampakkan dirinya bilamana ada seorang raja atau kepala negara yang benar-benar arif bijaksana, berperikemanusiaan. Oleh karena itu pembesar2 negeri, selalu merasa berbahagia apabila dihormati dengan permainan kilien yang dimainkan pada saat ada suatu perayaan, mereka membalas hormat pada kilien yang memberikan hormatnya.

Rata-rata semua ukiran Patung samsi yang sudah jadi bisa di rubah ukuranya menjadi lebih kecil atau di buat lebih besar mengikuti bidang yang anda, jika ukuran melebihi panjang 100cm akan menggunakan beberapa lempengn batu, supaya sambungnya tidak kelihatan di nat atau di tambal menggunakan bubuk batu dengan campuran semen putih.
yang relief bisa di rubah menjadi roster (berlubang tembus untuk ventilasi udara) dan roster juga bisa di buat tidak berlubang tembus seperti relief.

Untuk melihat selengkapnya produk ukiran batu alam yang lain:
Silahkan pilih menu diatas.

gambar yang sudah di kumpulkan menjadi satu, memudahkan anda untuk melihat-lihat contoh ukiran yang sudah jadi.
  1. Jogja stone menawarkan harga yang baik sesuai dengan kuwalitas, produk asli jogja stone boleh di bandingkan dengan yang lain, untuk harga memang lebih mahal dari yang lainya.
  2. Motif atau model ukiran bisa dari sini (contoh-contoh yang sudah ada) dan ukuranya bisa di sesuaikan dengn bidang atau bisa membawa desain sendiri sesuai selera anda.
  3. Jogja stone memproduksi ukiran batu alam sendiri.
  4. Sekedar minta informasi atau bertanya-tanya juga di persilahkan selalu terbuka untuk anda.
Kami harap anda suka dengan karya jogja stone.
untuk pemesanan atau sekedar minta informasi silahkan hubungi ke :  KONTAK
To Top