TELAPAK KAKI BUDHA

    Berikut gambar relief telapak kaki budha yang dibuat dari batu alam paras jogja / batu paras putih. Batu asli dari gunungkidul.
Jejak kaki Sang Budha ini sangat dihargai di seluruh Negara Buddhis.
    Secara garis besar, jejak kaki yang sangat skematis ini memperlihatkan seluruh kaki yang sama panjang dan terpahat di atas batu. Biasanya, jejak kaki ini memperlihatkan tanda-tanda, baik itu Dharmachakra atau Chakra di tengah telapak kaki, Jejak kaki Sang Buddha ini digunakan sebagai perlambangan atas diri Sang Budha sebelum perlambangan Sang Buddha dalam bentuk patung manusia (Budha Rupang) dibuat.
    Di dalam Agama Budha dikenal berbagai macam simbol. Bahkan, simbol-simbol yang terdapat di dalam suatu aliran Agama Buddha dapat berbeda dengan simbol-simbol yang terdapat pada aliran yang lainnya. Simbol-simbol ini melambangkan dan mengingatkan kita akan ajaran-ajaran Sang Budha. Selain sebagai perlambangan atas ajaran-ajaran Sang Buddha, simbol-simbol tersebut juga digunakan untuk merepresentasikan Sang Budha sendiri.
    Hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan kita dan sebagai wujud penghormatan kita, sebagai umat Budha, kepada Sang Buddha yang telah mengajarkan Dhamma kepada kita. Simbol-simbol di dalam Agama Budha dapat dibedakan atas beberapa bagian menurut jenis, bentuk dan kegunaannya. Di antaranya seperti stupa dan candi, sarana puja, binatang, tumbuhan dan lain sebagainya.

Empat gambar relief telapak kaki budha

1.
Relief duduk telapak kaki budha yang dibuat dari batu alam putih jogja
Telapak kaki Budha

2.
 Gambar telapak kaki budha di atas lempengan batu alam

3.

4.
Gambar telapak kaki budha di atas lempengan batu alam


Posting Komentar

0 Komentar